Arab Saudi: Bom menargetkan Medina dan Masjid Qatif

Arab Saudi: Bom menargetkan Medina dan Masjid Qatif

Empat penjaga keamanan tewas di Masjid Nabawi di Madinah setelah bomber lain menargetkan masjid Syiah di kota Qatif.

Ledakan itu terjadi tepat sebelum magrib ketika orang-orang berbuka puasa [Press Agency Saudi / EPA]

Empat petugas keamanan tewas dan lima lainnya terluka dalam serangan bunuh diri di luar Masjid Nabawi di Arab Saudi Madinah, kota suci kedua Islam, kata kementerian dalam negeri Saudi.

Pemboman itu merupakan serangan ketiga untuk memukul kerajaan pada hari Senin, setelah ledakan di kota Jeddah dan Qatif.

Foto yang diposting di media sosial menunjukkan asap mengepul dari api luar masjid di mana Nabi Muhammad dimakamkan.

"Empat petugas keamanan tewas dan lima lainnya luka-luka sebagai akibat dari penentangan mereka terhadap penyerang bunuh diri yang meledakkan bahan peledak di dekat mereka karena ia dalam perjalanan ke masjid," kata kementerian itu di Twitter.

Ledakan itu terjadi tepat sebelum Maghreb (sunset) doa ketika orang-orang berbuka puasa di dalam masjid, dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia untuk hari-hari terakhir bulan puasa Ramadan.

Qari Ziyaad Patel, 36, dari Afrika Selatan, berada di masjid ketika ia mendengar ledakan seperti panggilan untuk doa-doa itu berakhir.

Dia mengatakan banyak pada awalnya pikir itu suara tradisional, tembakan meriam perayaan, tapi kemudian ia merasa tanah bergetar.

"Getaran yang sangat kuat," kata Patel kantor berita AP. "Kedengarannya seperti sebuah bangunan meledak."

saluran berita yang dikelola negara Arab Saudi, Al-Ekhbariya, ditayangkan video langsung dari ribuan jamaah berdoa di dalam jam masjid setelah ledakan.

Ledakan Qatif


Sekitar waktu yang sama seperti ledakan Medina, dua ledakan lain menghantam dekat sebuah masjid di kota timur Qatif di pantai Teluk.

Saksi mata mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di luar sebuah masjid Syiah tanpa menimbulkan luka lain.

Mereka melaporkan melihat bagian tubuh tergeletak di tanah di distrik bisnis kota.

"Bunuh diri bomber pasti. Saya bisa melihat tubuh" yang mengecam berkeping-keping, penduduk mengatakan kepada kantor berita AFP.

Nasima al-Sada, warga lain, mengatakan "satu pembom meledakkan dirinya di dekat masjid".

Saksi ketiga mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa salah satu ledakan menghancurkan sebuah mobil yang diparkir di dekat masjid, diikuti oleh ledakan lain sebelum jam 7 malam waktu setempat.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Senin pagi, dua petugas keamanan terluka sebagai pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat konsulat AS di Laut Merah kota pelabuhan Jeddah.

petugas keamanan menjadi curiga seorang pria dekat tempat parkir Dr Suleiman Rumah Sakit Faqeeh yang langsung di seberang dari misi diplomatik AS. Ketika mereka pindah untuk menyelidiki, "ia meledakkan dirinya dengan sabuk bunuh diri di dalam parkir rumah sakit", kata kementerian dalam negeri.

Pada bulan Januari, sedikitnya empat orang tewas dalam serangan bunuh diri di sebuah masjid Syiah di timur wilayah al-Ahsa.

Pada bulan Oktober, Negara Islam Irak dan (ISIL) kelompok Levant mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Najran, di mana setidaknya satu orang tewas.

ISIL (juga dikenal sebagai ISIS) juga telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan di sebuah masjid di dalam markas pasukan khusus di kota Abha pada bulan Agustus 2015. Lima belas orang tewas dalam serangan itu.

Sumber: Al Jazeera dan lembaga
Arab Saudi: Bom menargetkan Medina dan Masjid Qatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabar Terbaru

0 komentar:

Poskan Komentar